Pengeliling Dunia Asal Cina Gagal Lintasi Somalia

Usaha dari seorang pengendara sepeda asal Cina untuk berkeliling dunia sepertinya pupus sudah, karena polisi semi otonom Somalia di wilayah Puntland mendeportasi dirinya sewaktu berusaha melintasi wilayah tersebut, kata seorang pejabat Somalia ahad kemarin.

Pria yang diidentifikasikan bernama Lee Zhong Yue telah mengendarai sepeda melintasi 114 negara sejak memulai petualangannya untuk berkeliling dunia pada tahun 1997.

Dia tertahan oleh polisi di sebuah pos pemeriksaan sewaktu dia hendak memasuki Puntland ibukota Garowe dengan sepedanya, kata komisaris polisi setempat Abdirahman Haji Abshir.

"Dia mengatakan kepada kami bahwa dirinya telah menghabiskan waktu hampir dua minggu antara Hargeysa (Somalia dalam) dan garowe, tetapi kami tidak dapat membiarkan dia melanjutkan perjalanan untuk alasan keamanan dan kami mendeportasi dirinya ke Djibouti," kata komisaris polisi menambahkan.

Zhong kepada para wartawan mengatakan pada Sabtu lalu di wilayah utara pelabuhan Bassaso Puntland sebelum dirinya di deportasi, bahwa dia kecewa akan penderpotasian tersebut yang dilakukan pihak kepolisian Somalia.

"Butuh waktu dua minggu untuk saya dari Hargeysa ke sini dan ini merupakan bagian dari perjalanan panjang saya untuk berkeliling dunia, namun mereka benar-benar mengecewakan saya," kata Zhong.

Mungkin salah satu alasan keamanan yang dikatakan pihak kepolisian Somalia ada benarnya, mengingat Somalia sedang dilanda konflik perang saudara serta adanya sentimen para Mujahidin terhadap pemerintah komunis Cina terkait peristiwa muslim Uighur Xinjiang.(fq/aby)