Peringaran 20 Tahun Penyatuan Jerman; "Islam sekarang juga milik Jerman"

Jerman merayakan ulang tahun ke 20 penyatuan kembali negara itu bertepatan dengan hari yang sama bangsa itu melakukan pembayaran bunga terakhir atas reparasi dari Perang Dunia I.

Utang 269 miliar mark Jerman pada masa lalu (setara dengan 100.000 ton emas) telah dibayarkan kepada investor swasta yang memiliki obligasi pemerintah Jerman.

Kanselir Jerman Angela Merkel, yang dibesarkan di Jerman Timur, memimpin perayaan di utara kota Bremen, di mana ribuan orang turun ke jalan. Dia bergabung dengan sejumlah tokoh asing dan internasional.

Dalam sebuah seruan kepada orang-orang di Bremen, Presiden Jerman Christian Wulff mengatakan bahwa Jerman harus terbuka pada mereka yang datang dari seluruh penjuru dunia, dan berdampingan dengan agama-agama lain, "Islam sekarang juga milik Jerman," katanya menegaskan.

Presiden Jerman ini menegaskan juga bahwa Islam adalah bagian dari masyarakat Jerman, seperti layaknya agama Kristen dan Yahudi.

Wulff mengatakan: "Ketika Anda mengatakan kepada Muslim Jerman bahwa saya presiden, saya akan menanggapi mereka dengan segenap hati saya: Ya, saya presiden Anda! Hal itulah yang saya katakan kepada semua orang yang hidup di Jerman"

Namun tidak semua warga Jerman menyambut perayaan tersebut.

BBC melaporkan bahwa sekitar 1.800 orang, terutama aktivis sayap kiri, justru mengadakan demonstrasi di Bremen pada hari Sabtu lalu.

Jerman bersatu pada tanggal 3 Oktober 1990.

Penyatuan kembali negara itu terjadi hanya 11 bulan setelah Tembok Berlin runtuh pada malam tanggal 9 November tahun 1989.(fa/prtv)