Pertemuan Rahasia Turki-Israel di Brussels

Di permukaan Turki dan Israel boleh terlihat saling kecam dan menyatakan putus hubungan. Tapi di balik itu, Turki dan Israel masih menjaga hubungan erat.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmed Davutoglu diam-diam melakukan pertemuan dengan Menteri Perdangan Israel Benjamin Ben Eliezer. Seorang pejabat Turki yang tidak mau disebut namanya, seperti dilansir situs Middle East Online, mengungkapkan bahwa keduanya bertemu secara rahasia di Brussel untuk membahas upaya mengatasi krisis bilateral Turki-Israel yang makin tajam belakangan ini.

Pertemuan itu, kata sumber tadi, berlangsung hari Rabu (30/6) atas permintaan pihak Israel. "Kami sudah menyampaikan catatan pada Israel tentang harapan kami terhadap mereka … harapan-harapan itu kami tegaskan kembali dalam pertemuan di Brusel," ujarnya.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama tingkat menteri antara Turki-Israel, sejak insiden serangan pasukan komando Israel ke rombongan "Freedom Flotilla" dalam pelayaran ke Jalur Gaza akhir Mei kemarin. Serangan itu menyebabkan sembilan aktivis kemanusiaan asal Turki tewas dan membuat berang Turki hingga menarik duta besarnya dari Tel Aviv dan membatalkan latihan bersama dengan militer Israel. (ln/mol)