Perusahaan Apple Akhirnya Hapus Aplikasi "Third Intifada" dari App Store

Perusahaan Apple Inc mengumumkan bahwa mereka telah menghapus sebuah aplikasi yang disebut "The Third Intifada" dariApp Store iPad dan iPhone.

"Kami menghapus aplikasi ini dari App Store karena melanggar pedoman pengembangan aplikasi dengan secara ofensif menyerang kelompok-kelompok tertentu," kata seorang juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan.

Menurut laporan Ynet Kamis ini (23/6), pengumuman tersebut hadir menyusul adanya permintaan yang disampaikan oleh Menteri Informasi dan Diaspora Israel Yuli Edelstein, yang menulis surat kepada pendiri dan CEO Apple Steve Jobs dengan menyuarakan keprihatinan Israel tentang konten aplikasi tersebut.

"Setelah meninjau, artikel cerita dan foto-foto yang diterbitkan dalam aplikasi itu, orang-orang dapat dengan mudah melihat bahwa ini sebenarnya aplikasi anti-Israel dan anti-Zionis. Selanjutnya, seperti yang tersirat dari namanya, aplikasi tersebut menyerukan untuk melakukan pemberontakan melawan negara Israel," tulis Edelstein

"Saya percaya Apple, sebagai perusahaan perintis dan progresif, menempatkan nilai-nilai kebebasan berekspresi dan kreativitas sebagai cahaya pemandu. Juga, sebagai pemimpin di wilayah teknologi, saya yakin bahwa Anda menyadari kemampuan aplikasi ini yang mampu menyatukan banyak orang ke arah sebuah tujuan yang bisa menjadi bencana."

Edelstein meminta Apple untuk menarik aplikasi itu, di mana dalam aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengirimkan komentar dan posting foto dan cerita tentang protes menentang Israel dan kebijakan Israel.

Menurut CNN, surat menteri itu datang setelah bulan Mei lalu Israel berhasil menekan untuk penghapusan halaman Facebook dengan nama yang sama.(fq/ynet)