Perusahaan Hosting di AS Dijadikan Tempat Hosting Situs Taliban

Pada tanggal 25 Maret yang lalu, sebuah situs yang mengaku corong dari "Emirat Islam Afghanistan" menjanjikan sebuah serangan maut kepada pasukan koalisi di Afghanistan.

Situs tersebut mengklaim telah menewaskan empat tentara pasukan koalisi dalam sebuah aksi penyerangan dan mujahidin Taliban telah merampas senjata dan amunisi yang mereka miliki.

Pesan dari situs Taliban untuk seluruh dunia tersebut ternyata disiarkan dari Texas.

Hosting web seperti ThePlanet yang berlokasi di Houston telah menjadi ‘korban’ dari aksi para pejuang taliban, harga sewa hosting yang murah dan tidak diketahui orang yang memesan hosting, menjadikan perusahaan hosting tersebut sebagai ‘corong’ dari para pejuang.

"Biaya yang relatif murah dan berkualitas tinggi dari server-server di AS tampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi para Jihadis,"kata Rita Katz, salah seorang pendiri dari SITE intelligence Group,  kepada the post.

Pakistan telah melaporkan kepada pejabat AS tentang aksi para pejuang yang menggunakan penyedia layanan jasa internet Amerika, ketika sebuah investigasi menemukan bahwa  penyerang pada peristiwa Mumbai melakukan panggilan telepon internet menggunakan server yang berbasis di Houston.

Namun para analis mengatakan dengan online nya situs-situs para pejuang, dapat memberikan kesempatan untuk mencari petunjuk mengenai struktur dan kepemimpinan dari  kelompok pejuang Islam.

Para ahli dan pejabat intelijen mengatakan, kelompok-kelompok pejuang Islam yang mencari puluhan perusahaan jasa hosting AS sebagai sebuah tren yang terus berkembang.

Perwakilan dari perusahaan hosting ThePlanet dan Tulix, perusahaan yang berbasis di Atlanta yang digunakan oleh taliban, mengatakan mereka akan segera bertindak cepat untuk men ‘Shut Down’ situs kelompok pejuang yang menurut mereka menyebarkan pesan kebencian dan permusuhan.(fq/FN)