Pesawat Tak Berawak AS Kembali Tewaskan Tujuh Orang di Pakistan

Serangan pesawat tak berawak AS telah merenggut nyawa tujuh orang di Pakistan barat.

Insiden itu terjadi Rabu ini (10/8) di dekat kota Miranshah di distrik suku Waziristan Utara, AFP melaporkan. Sebuah kendaraan dan kompleks hancur dalam serangan tersebut.

Pesawat tak berawak CIA sebelumnya telah melakukan enam serangan di Pakistan selama bulan Juli lalu, menyebabkan kematian setidaknya 73 orang, Conflict Monitoring Centre (CMC) mengatakan dalam laporan bulanan mereka.

CMC adalah lembaga penelitian independen yang berbasis di Islamabad yang memonitor serangan pesawat drone di Pakistan.

Setidaknya 63 orang kehilangan nyawa mereka dalam empat serangan udara pada tanggal 11 Juli dan 12 Juli. Bulan Juni tetap menjadi bulan yang paling mematikan selama tahun 2011 dengan lebih dari 117 orang tewas dalam dua belas serangan, kata laporan itu.

Sebanyak 443 orang telah tewas dalam tujuh bulan pertama tahun ini, menurut laporan CMC.

Fokus dari sebagian besar serangan CIA berada di wilayah Waziristan Utara. CIA melakukan lebih dari 132 serangan di Pakistan pada 2010 dan hanya sembilan dari serangan itu berada di Waziristan Selatan, laporan tersebut menambahkan.

Serangan udara, yang diprakarsai oleh mantan Presiden AS George W. Bush pada tahun 2004, telah meningkat di bawah Presiden Barack Obama.(fq/prtv)