Pilih Mana: Bush Atau Obama?


Terkenal mana antara George W. Bush dan Barack Obama? Orang zaman sekarang mungkin akan lebih memilih Obama di antara kedua presiden AS itu. Itu karena Obama dikenal sederhana, punya terobosan dan pandangan baru terhadap dunia internasional dan Islam, sedangkan Bush dikenal sebagai presiden perang, dan anti terhadap Islam.

Tapi ternyata, sebuah polling yang dilakukan oleh insititusi nasional AS menunjukan bahwa Bush lebih terkenal dan disukai daripada Obama, dalam enam bulan pemerintahannya di kursi kepresidenan AS. Menurut USA Today/Gallup, popularitas Obama hanya mencapai 55% pada bulan pertama pemerintahannya, sedangkan Bush masih unggul sedikit, yaitu 56%.

Yang membuat Obama jatuh sepertinya kebijakan ekonominya. Sampai saat ini, rakyat Amerika tidak pernah yakin kapan berakhirnya krisis ekonomi berkepanjangan yang melanda Paman Sam. “Ratingnya menukik tajam lagi hanya dalam periode waktu yang singkat,” ujar Whit Ayres, peneliti kaum Republik.

Di balik pollingnya yang turun, survai ini menyatakan popularitas Obama masih tetap kuat. Rakyat Amerika masih percaya bahwa Obama adalah seorang presiden yang kuat, pintar dan memahami persoalan yang mereka hadapi. Sementara sebagian yang lain berpendapat bahwa Obama menciptakan semangat baru idealism.

Selisih popularitas Obama dan Bush hanya dibedakan 1% saja. Akankah Obama meninggalkan kesan yang buruk pada dunia Islam di akhir pemerintahannya sebagaimana yang telah dilakukan oleh Bush? (sa/afp)