Erdogan dan Keluarga Tiba di Somalia untuk Tarik Perhatian Dunia Internasional

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan bertolak menuju Somalia untuk mengunjungi korban bencara kepalaran pada tengah malam waktu Turki, Kamis (18/8) kemarin, dan tiba di Somalia Jum’at (19/8) pagi ini. Kunjungan Erdogan ke Somalia ini juga dalam upaya dirinya untuk menarik perhatian dunia internasional terhadap kekeringan dan kelaparan yang melanda negara Afrika Timur tersebut.

Erdogan datang bersama rombongan besar dari Turki dalam misi kemanusiaan tersebut. Turut mendampingi Erdogan dalam misi tersebut, sang istri Emine Erdogan, Wakil PM Baker Buzdag, Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, Menteri Pangan, Pertanian, dan Perhewanan Mehmet Mehdiaker, Menteri Kesehatan Recep Akdag, Menteri Keluarga dan Sosial Fatime Sahin, Kepala Departemen Keagamaan Mehmet Gormaz, para aktivis kemanusiaan dan sosial, relawan, dan sejumlah wartawan.

Selain itu, turut serta dalam rombongan besar Turki tersebut para artis, seniman, pengusaha, juga anggota parlemen.

Di samping untuk melakukan misi kemanusiaan dan menyalurkan bantuan terhadap para korban bencana kelaparan Somalia, Erdogan juga dijadwalkan akan membuka rumah sakit yang dibangun oleh Turki di Somalia, serta membuka Kedutaan Besar Turki  di Mogadishu yang tutup sejak masa yang lama.

Beberapa hari sebelumnya, Erdogan mengutarakan rencananya untuk mengunjungi Somalia bersama keluarganya dalam bingkai kunjungan kemanusiaan. Erdogan juga mengajak jajaran menteri pemerintahannya, parlemen, dan semua elemen masyarakat Turki untuk ikut serta dalam misi kemanusiaan membantu para korban bencana kelaparan Somalia tersebut.

Syahdan, seruan Erdogan itu didengar dan disambut dengan antusias dan suka cita oleh semua kalangan rakyatnya. (ags/db)