PM Nawaz Syarief Ajukan Pembicaraan Damai Dengan Taliban Pakistan

nawazPerdana menteri Pakistan , Nawaz Syarief telah menyerukan pembicaraan damai dengan gerilyawan Taliban dengan pemerintah.

Nawaz Sharif mengatakan pada hari Senin bahwa “terorisme” adalah salah satu masalah yang paling serius yang mengganggu negara tersebut, adapun tawaran  diplomasi apapun dari atau dengan Taliban Pakistan “harus ditanggapi dengan serius”.

“Semua pilihan harus dipertimbangkan, dan kekuatan senjata bukan solusi untuk semua masalah,” kata Sharif dalam pidato kepada anggota partainya yang baru terpilih  di kota timur Lahore. “Mengapa kita tidak duduk dan berbicara, dan terlibat dalam sebuah dialog?”

Kelompok Taliban mengatakan mereka berkeinginan untuk menegakkan hukum Islam di negara Pakistan dan mengakhiri aliansi pemerintah untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat.

Para aktivis sekuler telah menyuarakan keprihatinan bahwa pemerintah Sharif mau menerima tuntutan Taliban yang akan mengancam hak asasi manusia di negara tersebut , terutama bagi perempuan, kata mereka.

Sharif melakukan pidato pada hari Senin kemarin adalah pertama kalinya di publik sejak Liga Muslim Pakistan,  partainya mencetak kemenangan gemilang dalam pemilu baru baru ini. (Alj/Dz)