PM Turki akan Telepon Obama Bahas Serangan Israel di Gaza

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan akan berbicara di telepon dengan Presiden AS Barack Obama untuk membahas serangan yang sedang berlangsung di Gaza oleh Israel, Hurriyet Daily melaporkan.

“Kami berdiri bersama teman-teman kami di Gaza sebagai pemerintah Turki,” kata Erdogan Jumat hari ini (16/11), menambahkan bahwa Israel telah memulai menyerang Gaza dan membunuh orang yang tidak bersalah menggunakan alasan fiksi menjelang pemilu, seperti yang terjadi sebelum pemilu 2008.

“Saya akan melakukan percakapan telepon dengan Obama. Saya akan berbagi pikiran dengan dia,” katanya. Erdogan juga mengatakan Dewan Keamanan PBB dan kekuatan dunia yang dominan harus mencoba untuk menghalangi Israel dari meluncurkan serangan lebih lanjut di Gaza, menambahkan bahwa tidak ada hubungan antara Turki dan Israel lagi.

“Dewan keamanan PBB adalah tempat terbaik untuk menghadapi Israel, dan negara-negara yang memiliki hubungan dengan Israel harus bertemu juga. Kami tidak memiliki hubungan untuk bertemu Israel,” ujarnya.

Turki juga telah meminta pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Erdogan menambahkan.(fq/hurriyet)