Polisi AS Stress?

Sebuah video mengejutkan beredar yang menunjukkan seorang perwira Atlanta yang tengah bebas tugas meninju wajah seorang wanita. Insiden ini telah memicu kemarahan terhadap kebrutalan polisi yang merajalela di Amerika Serikat.

Kejadian ittu terjadi pada hari Ahad empat hari lalu di sebuah restoran di lingkungan Buckhead Atlanta di negara bagian AS Georgia, menunjukkan konfrontasi antara petugas polisi dan sekelompok perempuan, diikuti dengan perkelahian kekerasan antara dua polisi dan salah satu wanita diidentifikasi sebagai Cynthia Freeman, New York Daily News melaporkan.

Wanita itu berusaha meyakinkan petugas polisi bahwa dia tidak melakukan sesuatu yang salah. Tak lama setelah itu, petugas itu mulai menyerang.

Penyebab insiden masih belum diketahui, tetapi seorang wanita yang berada di tempat itu, memberitahu televisi Atlanta WSBTV bahwa ia dan teman-temannya tengah minum kopi ketika seorang petugas polisi menyuruh mereka agar jangan berisik.

Empat perempuan ditangkap dalam kekerasan itu dan Freeman sendiri menderita luka-luka. Jaksa Atlanta Bobby Aniekwu mengatakan dia mewakili tiga dari perempuan itu dan menyebut kasus ini sebagai "kekerasan berlebihan."

Amerika Serikat saat ini disorot oleh pengamat mengalami periode yang mengkhawatirkan akan kenaikan kebrutalan polisi di seluruh negeri, yaitu di kota-kota seperti Los Angeles, New York, Chicago dan New Orleans. Kelompok hak asasi Amnesty International telah mendokumentasikan pola sistematis kekerasan polisi terhadap rakyat Amerika, khususnya etnis minoritas.

Pada bulan Oktober tahun lalu, Dewan HAM PBB mengeluarkan laporan menyatakan keprihatinan serius atas pelanggaran hak asasi manusia di AS. (sa/presstv)