Pemasangan CCTV di Lingkungan Muslim, Akan Jerat Polisi Inggris ke Pengadilan

Polisi West Midlands akan menghadapi tindakan hukum jika tidak segera menghapus semua kamera CCTV kontroversial yang dipasang di sebagian besar wilayah umat Muslim di Birmingham.

Sebelumnya diberitakan lebih dari 200 kamera tersembunyi (CCTV) dan secara terang-terangan dipasang di Washwood Heath dan Sparkbrook, sebagai bagian dari usaha pemerintah untuk mengatasi tindak terorisme.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa kamera pengawas telah mereka copot setelah adanya keributan dan komplain dari warga.

Namun organisasi kebebasan hak Liberty berencana untuk memulai peninjauan kembali jika tidak ada komitmen yang dibuat untuk mencopot sisa kamera yang masih terpasang dalam waktu dua minggu.

Skema £3m, atau yang disebut sebagai Project Champion, adalah pemasangan kamera yang disiapkan oleh Safer Birmingham Project (SBP), yang terdiri dari dewan kota, polisi dan instansi di Heath Washwood dan kabupaten Sparkbrook.

Kamera yang terpasang tersebut dapat merekam gambar dan pelat nomor dari setiap mobil yang masuk atau keluar dari daerah tersebut.

Penduduk mengatakan tidak ada konsultasi terlebih dahulu kepada mereka terkait adanya pemasangan kamera pengawas ini dan mereka semakin marah setelah mempelajari asal dari mana dana pembelian kamera itu berasal.

Bulan lalu Kepala Polisi Chris Sims meminta maaf setelah sebuah laporan independen yang menunjukkan sedikit bukti bahwa pemasangan kamera itu tidak sesuai dengan kerangka hukum atau peraturan yang ada.

Sims mengatakan tidak ada kamera yang terpasang pernah digunakan dan sisa kamera yang masih ada telah ditutupi dengan plastik sampai adanya keputusan lebih lanjut.(fq/bbc)