Polling Di Amerika: AS Berada Di Jalur Yang Salah

Sehubungan Barack Obama bersiap untuk menghadiri pertemuan forum ekonomi G8 dan G20 di Kanada pada akhir pekan ini, jajak pendapat tersebar pada Rabu dua hari lalu yang menyoroti kinerjanya selama ini.

Menurut Wall Street Journal / NBC News, peringkat jajak pendapat Obama turun 5 poin dari awal bulan lalu. Untuk pertama kalinya dalam survei, lebih banyak orang, 48 persen, mengatakan bahwa mereka tidak nyaman akan kinerja Obama.

Namun menurut jajak pendapat Pew Research, presiden mereka dianggap telah banyak menangani masalah yang sulit sejak bertugas. Di forum G8 dan G20, pemerintah Obama prihatin tentang potensi kejatuhan Amerika Serikat, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia dan menekan ekspor AS.

Penggantian Jenderal Stanley McChrystal sebagai orang tertinggi militer NATO di Afghanistan juga menuai banyak perhatian. Ini sehubungan dengan komentar sang jenderal di majalah Rolling Stone tentang ketidakpastian perang sembilan tahun yang tidak populer di Afghanistan.

Jajak pendapat WSJ / ABC mengatakan bahwa mayoritas responden, 62 persen, mengatakan negara itu berada di jalur yang salah.

Empat puluh sembilan persen dari responden menilai Obama positif pada "kualitas kepemimpinan yang kuat," namun angka ini sebenarnya turun dari 70 persen, ketika ia menjadi presiden. (sa/arabnews)