Presiden Nigeria Umaru Yar'Adua Pulang

Presiden Nigeria Umaru Yar’Adua kembali ke Nigeria, di mana sebelumnya berada di Saudi Arabia, guna menjalani perawatan, sejak bulan Nopember tahun lalu. Dengan menggunakan pesawat pribadi dan sangat rahasia, pesawat yang membawa Presiden Umaru itu mendapat di Bandara Abuja, di tengah malam.

Dengan menggunakan ambulan Presiden Umaru itu, meninggalkan Bandara Abuja, dan kembali ke Istana. Sebelumnya, di saat terjadi ke kosongan kekuasaan, akibat sakitnnya Presiden Umaru itu, lalu Wakil Presiden Goodluck Jonathan mengambil alih kekuasaan, dan menduduki sebagai pejabat presiden menggantikan Umaru Yar’adua.

Presiden Yar’Adua mengalami serangan liver yang akut, dan kondisi terus melemah, tetapi sesudah menjalani perawatan di Saudi Arabia, kini kondisi terus membaik, dan kembali ke Nigeria. Berita kembalinya Presiden Nigeria Umaru Yar’Adua ini belum ada konfirmasi.

Diberikan sepanjang perjalanannya dari Bandara Abuja ke Istana, jalan-jalan di jaga sangat ketat oleh pasukan para militer. Sebelumnya, delegasi dari Nigeria telah terbang ke Saudi Arabia, yang tujuannya memastikan kondisi kesehatan Yar’Adua. Di ibukota Abuja telah tersebar, kondisi Presiden Umaru yang terus memburuk, dan kemudian Waprs Goodluck mengambil kekuasaan.

Belakangan terjadi krisis politik, di mana konflik antara golongan Islam dan Kristen kembali meledak, yang mengakibatkan ratusan orang terbunuh.

Pemerintahan dan militer di Nigeria dikuasai kaum militer yang beragama Kristen, sehingga setiap konflik yang terjadi pasti memihak golongan Kristen, dan kemudian melakukan tindakan represif, yang mengakibatkan ratusasn tewas, seperti kejadian belum lama ini. (m/bbc)