free hit counters
 

Pro Mursi Serukan Demonstrasi di Seluruh Mesir, Sebagai Jawaban Tindakan Kekerasan Militer

Redaksi – Rabu, 6 Syawwal 1434 H / 14 Agustus 2013 18:44 WIB

mesir rabuPendukung Presiden Mesir terguling Mohamed Morsi kembali memulai demonstrasi protes di ibukota, Kairo, dan di seluruh negeri setelah pasukan keamanan memulai tindakan keras membersihkan demonstrasi  mereka di ibukota.

Ribuan pendukung Mursi telah berkumpul di Nozha Street, di jalan utama yang mengarah ke  masjid Nasr mana pendukung presiden terguling itu telah berkemah selama hampir tujuh minggu.

Tentara dan polisi telah memblokade pintu masuk, dan telah menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan pengunjuk rasa yang berusaha mencapai lokasi demonstran.

Para aktivis juga telah mengunduh  video dari demonstrasi protes yang sedang berlangsung di Alexandria, Suez, Assiut, dan kota-kota lain di seluruh negeri. Polisi menembakkan gas air mata di Delta Nil Governorat Sharqiya setelah pengunjuk rasa bentrok dengan pihak keamanan di luar masjid.

Di Aswan, Mesir selatan, ribuan demonstran pro-Morsi menyerang kantor pemerintah daerah, melemparkan batu dan mencoba mendobrak masuk, menurut media lokal. Kementerian dalam negeri mengatakan bahwa beberapa mobil polisi dibakar di Beni Suef, selatan Kairo.



Jalan-jalan utama di seluruh negeri juga telah diblokir.

Pendukung Mursi lakukan demonstrasi  protes di Gama’at al-Dowal, jalan utama di Mohandissen, sebuah distrik di Kairo barat. Para pengunjuk rasa mulai membakar ban di sana luar Masjid Mostafa Mahmoud , menurut kementerian dalam negeri.

Di utara kota Alexandria, sementara itu, pengunjuk rasa dilaporkan telah memblokir jalan pantai utama. Seorang saksi mata mengatakan sangat berbahaya untuk bergerak di sekitar kota.

Layanan kereta api juga telah terganggu, menurut otoritas kereta api Mesir, dan pasukan keamanan telah menutup jalan raya utama yang mengarah ke ibukota. (Aljazeera/Dz)

Dunia Islam Terbaru