Puluhan Wanita India Dijual di Aplikasi Online Hanya karena Mereka Muslim

Aplikasi tersebut berpura-pura menawarkan para pengguna kesempatan untuk membeli “Sulli”, istilah slang yang menghina yang digunakan troll sayap kanan Hindu untuk wanita Muslim.

Tidak ada lelang nyata dalam bentuk apa pun. Tujuan aplikasi ini hanya untuk merendahkan dan mempermalukan para wanita muslim tersebut.

Khan mengatakan dia telah menjadi sasaran karena agamanya. “Saya seorang wanita Muslim yang melihat dan mendengar. Dan mereka ingin membungkam kami,” papar dia.

GitHub, platform web yang menghosting aplikasi open source itu menutupnya dengan cepat setelah ada keluhan.

“Kami menangguhkan akun pengguna setelah penyelidikan laporan aktivitas semacam itu, yang semuanya melanggar kebijakan kami,” papar pernyataan GitHub.

Tetapi pengalaman itu telah membuat para wanita terluka. Mereka yang tampil di aplikasi ini semuanya Muslim vokal, termasuk jurnalis, aktivis, artis, atau peneliti.

Beberapa orang telah menghapus akun media sosial mereka dan banyak wanita lainnya mengatakan mereka takut akan pelecehan lebih lanjut.

“Tidak peduli seberapa kuat Anda, tetapi jika foto Anda dan informasi pribadi lainnya dipublikasikan, itu membuat Anda takut, itu mengganggu Anda,” papar wanita lain pada BBC Hindi.

Tetapi beberapa wanita yang rinciannya dibagikan di aplikasi itu telah menggunakan media sosial untuk mencari “orang-orang cabul” itu dan bersumpah untuk melawan.

Selusin orang telah membentuk grup WhatsApp untuk mencari, dan menawarkan dukungan dan beberapa dari mereka, termasuk Khan, telah mengajukan pengaduan ke polisi.

Warga, aktivis, dan pemimpin terkemuka juga telah berbicara menentang pelecehan tersebut. Polisi mengatakan mereka telah membuka penyelidikan tetapi menolak mengatakan siapa yang berada di balik aplikasi tersebut.

Orang-orang yang membuat aplikasi menggunakan identitas palsu, tetapi Hasiba Amin, koordinator media sosial untuk partai oposisi Kongres, menyalahkan beberapa akun yang secara teratur menyerang Muslim, terutama wanita Muslim, dan mengklaim mendukung politik sayap kanan.

“Ini bukan pertama kalinya, perempuan Muslim menjadi sasaran dengan cara ini,” ungkap Amin.

Pada 13 Mei, ketika umat Islam merayakan festival Idul Fitri, saluran YouTube menayangkan “Idul Fitri”, “lelang” langsung wanita Muslim dari India dan Pakistan.

“Orang-orang menawar lima rupee dan 10 rupee, mereka menilai wanita berdasarkan bagian tubuh mereka dan menggambarkan tindakan seksual dan mengancam pemerkosaan,” papar Khan.

Amin mengatakan akun anonim mencoba “melelang” dia di Twitter.

“Beberapa orang lain, satu bernama @sullideals101, yang sejak itu telah ditangguhkan, bergabung, melecehkan saya, mempermalukan saya dan menggambarkan tindakan seksual yang kotor,” ujar Khan.

Dia percaya bahwa mereka yang mencoba melelangnya di Twitter adalah orang yang sama yang berada di balik aplikasi Sulli Deals dan saluran YouTube, yang sejak itu telah dihapus oleh platform tersebut.

Dalam sepekan terakhir, Twitter telah menangguhkan akun yang mengklaim mereka berada di belakang aplikasi dan akan segera dicadangkan.