Putri Menlu Turki Nyatakan Diri Jadi Dokter Relawan di Pakistan

Putri Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, Sarah Davutoglu, menyatakan dirinya akan bekerja sebagai relawan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana Pakistan. Sarah telah mendaftar sebagai dokter sukarela di beberapa pusat kesehatan di Pakistan yang juga dibangun Turki untuk Pakistan.

Pernyataan tersebut disampaikan Sarah di sela-sela acara penggalangan dana yang digelar oleh Keluarga Besar Kementrian Luar Negeri Turki pada Selasa (5/10) lalu dan membawa tema "Agar Air Mata Rakyat Pakistan Tidak Berubah Menjadi Banjir Bandang".

Dalam acara yang dihadiri oleh beberapa duta besar negara-negara asing itu, Menlu Davutoglu menyatakan bahwa banjir bandang di Pakistan beberapa waktu yang lalu telah menelantarkan lebih dari 20 juta penduduknya.

"Jumlah tersebut sama dengan penduduk Ankara dan Istanbul. Anda bayangkan semuanya, bagaimana ketika semua penduduk Ankara dan Istanbul tiba-tiba harus kehilangan rumah dan kehidupan mereka," kata Davutoglu sebagaimana dikutip kantor berita Turki Cihan (6/10).

Dalam acara tersebut juga, berhasil terkumpulkan dana banduan kemanusiaan sebedar 419.000 USD. Kemenlu Turki sendiri dalam berbagai upaya penggalaan dana untuk bantuan kemanusiaan Pakistan berhasil mengumpulkan jumlah bantuan yang fantastis, yaitu sebesar 1,75 Juta USD. (AGS/chn)