free hit counters
 

Qatar Danai 49% Pabrik Tank Turki, Industri Pertahanan Makin Kuat

Redaksi – Minggu, 4 Juli 2021 09:30 WIB

Eramuslim.com – Qatar membiayai 49% pabrik tank dan trek untuk kendaraan militer milik negara Turki . Kerja sama itu diumumkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Berbicara di pabrik lintasan (trek) tank di provinsi Sakarya barat laut Turki, Erdogan mengatakan pabrik itu milik Kementerian Pertahanan Nasional, yang dialokasikan Kementerian Keuangan dan Bendahara Turki.

“Dengan kata lain, tempat ini adalah milik negara dan harus tetap seperti itu,” ungkap Erdogan.

Meski demikian, Qatar membiayai 49% dari proyek tersebut.

“Kita tidak dapat memiliki kemerdekaan dan masa depan kita tanpa memiliki industri pertahanan yang kuat,” tegas Erdogan.

Pabrik tersebut merancang dan memproduksi howitzer Firtina dan kendaraan pembawa amunisi Poyraz, serta merancang, memproduksi, dan merenovasi trek kendaraan.



“Rencananya kami membuat tank Altay di sini. Saya harap kami akan mengirimkan tank ke angkatan darat paling cepat pada 2023,” ujar Erdogan.

Turki dan Qatar adalah mitra strategis yang bekerja sama dalam sejumlah bidang termasuk dalam sektor pertahanan.

Ankara mengirimkan kapal perang ‘Doha’ ke Qatar tahun lalu sebagai bagian dari kesepakatan militer yang ditandatangani sekutu.

Hubungan antara kedua negara menguat pada 2017 ketika negara tetangga Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain memberlakukan blokade udara, laut dan darat di Qatar.[sindonews]

Dunia Islam Terbaru