Qatar Terapkan Aturan Dress Code Bagi Penonton Piala Dunia, Wanita Berpakaian Tak Pantas Akan Dipenjara

Qatar Terapkan Aturan Dress Code Bagi Penonton Piala Dunia, Wanita Berpakaian Tak Pantas Akan Dipenjara

Piala Dunia 2022 Qatar (AFP)

eramuslim.com  – Gelaran Piala Dunia  2022 bisa jadi bakal paling berbeda dari ajang empat tahunan di tempat lain sebelumnya. Para penonton salah satu ajang olahraga terbesar sejagat ini tak bakal bisa bebas mengenakan baju seenaknya.

Melansir laman The Islamic Information, Minggu (20/11/2022), salah satu aturan di Piala Dunia Qatar adalah dress code bagi para penonton yang harus dipatuhi saat menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Sebagai negara yang memiliki ajaran terkait pakaian sendiri, pemerintah Qatar  mengeluarkan beberapa aturan dress code yang sesuai dengan latar belakang budaya negara tersebut yang harus dipatuhi para pengunjung yang hendak menyaksikan gelaran Piala Dunia  2022.

Berdasarkan informasi yang tertera di situs resmi Piala Dunia, meski Qatar tidak mewajibkan pengunjung wanita untuk mengenakan abaya baju jubah hitam panjang atau hijab, namun pengunjung perempuan diharapkan mengenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka.

Wanita yang hendak menyaksikan Piala Dunia Qatar harus menutupi lengan, bahu demi menunjukkan rasa hormat terhadap budaya setempat.

Hal itu juga ditegaskan melalui situs web FIFA dengan mengingatkan penonton bahwa mereka bebas mengenakan apa pun yang mereka inginkan, tetapi tetap harus mematuhi batasan ketat Qatar.

Hal itu sesuai dengan Pasal 57 Konstitusi Qatar, yang menyatakan bahwa mereka yang memasuki negara tersebut harus mematuhi tradisi dan adat istiadat nasional. Mereka yang tidak mematuhi aturan berpakaian yang diberlakukan oleh pemerintah Qatar dapat menghadapi beberapa bentuk hukuman, termasuk penjara.