Qur'an Channel Luncurkan Siaran Terjemahan Quran dalam Bahasa Inggris dan Prancis

Saluran televisi Qur’an Channel Arab Saudi meluncurkan program siaran terjemahan bacaan Al-Quran dan terjemahannya yang disajikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Prancis, dengan pilihan 10 pembaca Qur’an terkenal dari Arab Saudi antara lain Abdul Rahman Al-Sudais, Ali Al-Hudaifi, Saud Al-Shuraim, Ali Jaber, Abdul Basit Abdussamad dan Mahmoud Hasri.

Menteri Kebudayaan dan Informasi Saudi Abdul Aziz Khoja mengatakan, proyek penyebarluasan siaran bacaan Qur’an dan terjemahannya ini dilakukan atas pengarahan dari Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Abdullah yang juga raja Saudi. Raja Abdullah ingin umat Islam yang tidak berbahasa Arab bisa mempelajari makna dari isi kita suci Al-Qur’an.

"Kami sudah merekam bacaan Qur’an oleh lebih dari 10 pembaca Qur’an beserta terjemahannya dalam bahasa Inggris dan Prancis. Program ini akan disiarkan di Qur’an Channel setiap hari selama satu tahun ini," kata Abdul Aziz Khoja.

Qur’an Channel merupakan satu dari sejumlah saluran televisi khusus yang diluncurkan Arab Saudi. Saat ini ada lebih dari 12 saluran yang menyiarkan program-program tentang Al-Quran. Beberapa diantara saluran Qur’an Channel menjelaskan tentang ilmu Qur’an, dan mengajarkan pemirsanya bagaimana cara membaca Quran dan menghapal Quran.

Salah seorang penyiar di Qura’an Channel Yasser Abdul Aziz memuji langkah yang dilakukan kementerian kebudayaan dan informasi Saudi menyediakan saluran bacaan dan terjemahan Qur’an dalam bahasa Inggris dan Prancis.

"Ini akan membantu untuk menarik minat pemirsa di seluruh dunia," tukasnya. (kw/iina)