Rabbi Yahudi AS Ikut Berdemo dengan Liga 'Anti-Islam' Inggris Dukung Israel

Seorang rabbi Ortodoks California yang maju dalam pemilu untuk senat negara di bawah bendera Tea Party, Ahad kemarin (24/10) ikut berpawai dengan kelompok anti-Islam dari kelompok sayap kanan Inggris di luar Kedutaan Besar Israel di London.

Liga Pertahanan Inggris (EDL/English Defence League) mengatakan pihaknya ingin mendorong hubungan yang erat dengan Tea Party Amerika, sebuah kelompok sayap kanan yang juga telah mengambil sikap anti-Muslim dan sikap anti-imigrasi, dan aksi pawai di mana Shifren ikut berbicara di sana, dimaksudkan sebagai langkah pertama terhadap tujuan tersebut.

"Saya datang ke Inggris untuk mengungkapkan solidaritas saya dengan para patriot di Inggris yang berada di garis depan dalam perang jihad dan jihad secara diam-diam," kata Shifren kepada Jewish Chronicle akhir pekan lalu.

"Multikulturalisme telah membawa kami ke tepi jurang, yang telah bersikeras merendahkan kebudayaan kami sendiri sementara kekuatan kegelapan yang mengancam berusaha untuk mengubah lembaga-lembaga sosial kami."

Menurut Chronicle, Shifren sebelumnya dilatih oleh pasukan Israel dan bekerja sebagai sopir untuk kepala Kach, Rabbi Meir Kahane.

Pawai yang berlangsung di London ini dimaksudkan untuk menunjukkan adanya dukungan bagi Israel dan Shifren diundang untuk memberikan pidato tentang hukum Syariah.

EDL memiliki divisi Yahudi, namun kelompok-kelompok yang lebih Yahudi di Inggris menolak sikap nasionalis EDL.

"Aksi-aksi EDL adalah kekerasan dan intimidasi, menyerang polisi dan warga Asia secara acak. Setiap orang Yahudi berpikir bahwa mereka dapat membentuk kekuatan berbahaya dan menemukan tempat berlindung di sana samaki sekali kita tertipu," kata Community Security Trust, sebuah kelompok Yahudi Inggris.

Pada pawai sebelumnya yang juga berlangsung pada bulan ini, sekitar 1.000 aktivis EDLs bentrok dengan polisi dan dengan demonstran anti-fasis di Leicester.

Rabbi Nachum Shifren, seorang mantan penjaga pantai yang dikenal sebagai rabbi surfing, akan maju dalam pemilihan senat pada pemilu mendatang untuk mewakili Los Angeles barat di senat California senat. Dia telah berbicara di acara-acara Tea Party dan mengatakan dirinya adalah anggota kelompok tersebut.(fq/hrzt)