Ramadhan Segera Pergi, Jangan Biarkan Puasamu Sia-sia

Ramadhan Segera Pergi, Jangan Biarkan Puasamu Sia-sia

Eramuslim.com – Orang beriman akan sedih dan menangis ketika berpisah dengan bulan yang di dalamnya bertabur rahmat Allah. Foto ilustrasi/Ist Tak terasa kita sudah di hari-hari terakhir Ramadhan 1443 Hijriyah. Besok kita akan memasuki hari ke-25. Jangan biarkan puasamu sia-sia dan menjadi orang merugi saat ditinggal pergi Ramadhan.

Sejatinya orang beriman merasa sedih dan menangis ketika berpisah dengan bulan yang di dalamnya bertabur rahmat Allah.

Manfaatkanlah waktu tersisa ini karena Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.” (HR Al-Bukhari 6607)

Mereka yang Sia-sia Puasanya Ketahuilah mereka yang sia-sia puasanya dan tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya lapar dan dahaga saja. Artinya, ia berpuasa tetapi tidak menjaga dirinya dari perkara yang dilarang Allah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ Artinya: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR Al-Bukhari 1903)

Apa yang dimaksud dengan Az-Zuur?

Imam As-Suyuthi mengatakan bahwa Az-Zuur adalah bertutur kata dusta dan menfitnah (buhtan). Sedangkan mengamalkannya berarti melakukan perbuatan keji yang dibenci Allah dan Rasul-Nya.

Ketahuilah, ada pahala tak terhingga di balik puasa Ramadhan.