Ramai-Ramai Memburu Abdul Jawad

Saat ini, Mazen Abdul Jawad mungkin menjadi salah satu orang paling terkenal di Arab Saudi dan negara-negara Arab. Siapa memangnya Mazen Abdul Jawad?

Abdul Jawad, 32,  adalah seorang lelaki asal Saudi yang membeberkan petualangan seksualnya selama bertahun-tahun. Ia mengemukakannya di saluran televisi Lebanon paling popular LBC, dua pekan lalu, dalam acara Bold Red Line. Ia memaparkannya dengan seting apartemennya sendiri.

Abdul Jawad tinggal sendirian di sebuah apartemen selama bertahun-tahun setelah istri dan anak-anaknya meninggalkannya karena perceraian. Dalam program itu, ia menceritakan semua pengalaman seksualnya, dimulai saat ia berumur 14 tahun, dengan salah seorang tetangganya. Abdul Jawad juga menunjukan koleksi barang-barang pornonya kepada khalayak.

Apa tanggapan dari publik? Tanpa diduga, alih-alih sifat masyarakat Saudi yang haus hiburan, acara ini mendapat kecaman, protes, dan kemarahan yang luar biasa. LBC langsung memberhentikan program kontroversial ini. Orang-orang Saudi berbondong-bondong mengajukan tuntutan kepada Abdul Jawad melalui pengadilan. Saat ini sekitar 200 orang pengacara asal Saudi siap memperkarakan hal ini di Jeddah. Jelas sudah kalau perbuatan Abdul Jawad mencoreng muka Saudi karena dianggap sangat amoral.

Abdul Rahman Al Hazza, juru bicara menteri budaya dan informasi Saudi mengatakan bahwa Abdul Jawad telah menuntut LBC. Abdul Jawad mengatakan bahwa program itu ditayangkan tanpa meminta pertimbangan kepada dirinya. “Kami akan mempertimbangkan petisinya,” terang Abdul Rahman Al Hazza.

Saat ini, Abdul Jawad sudah menjadi tahanan kepolisian Saudi. Ia ditangkap di bandara ketika akan meninggalkan Saudi menuju Kairo, Mesir, Kamis pekan lalu. Tuduhan yang ditujukan kepada Abdul Jawad adalah hiraba, yaitu bertindak dan berkata yang bertentangan dengan masyarakat dan negara Saudi. Jelang Ramadhan, ada-ada saja, Abdul Jawad! (sa/gulfnews/arabnews)