Ribuan Polisi Mesir Telah Disebar untuk Hadapi Aksi "Hari Pemberontakan"

Ribuan pasukan keamanan Mesir dikerahkan dan disebar di seluruh Kairo menjelang protes pertama di negara itu yang terinspirasi aksi unjuk rasa di Tunisia. Pejabat keamanan juga Mesir telah memperingatkan tidak akan mentoleransi aksi seperti yang ada di Tunisia.

Penyelenggara aksi unjuk rasa dan pendukung oposisi – terinspirasi oleh pemberontakan rakyat di Tunisia – telah menjuluki aksi unjuk rasa hari Selasa ini (25/1), yang direncanakan terutama beralngsung di Kairo dan Alexandria, sebagai "hari revolusi melawan penyiksaan, kemiskinan, korupsi dan pengangguran."

Panggilan untuk aksi hari ini tersebar di Facebook dan Twitter, dengan 90.000 orang mengatakan mereka akan hadir dalam aksi hari ini.

Amnesty International menyatakan kekhawatiran mereka atas keselamatan para demonstran, mendesak pihak berwenang untuk menahan diri dari kekuatan yang berlebihan dan tidak proporsional.

Menteri Dalam Negeri Habib el-Adly mengatakan "langkah-langkah tegas" akan diterapkan dalam menghadapi kekacauan dalam aksi hari ini. (fq/ap)