free hit counters
 

Ribuan Tentara Nigeria Ternyata Takut Berperang Lawan Boko Haram, 200 Tentara Sudah Dipecat

Redaksi – Kamis, 8 Sya'ban 1436 H / 28 Mei 2015 14:30 WIB

_73205156_6b83ca3c-bf81-43e0-beb2-c503274e87e2Eramuslim.com – Sebanyak 200 tentara Nigeria dipecat dengan tidak hormat karena mereka dengan terang-terangan mengatakan tidak punya nyali berperang melawan para pejuang Boko Haram. Perilaku pengecut ini disayangkan sehingga berdampak pada kegagalan melawan militan Boko Haram.
Para tentara dikritik atas ketakutannya saat kelompok militan Islam tersebut menyerang di wilayah  timur laut Nigeria meskipun pada saat itu dilaporkan darurat militer. Bahkan 4.500 tentara lainnya juga bisa diberhentikan jika melakukan hal yang sama.
Aksi pemecatan ini dilakukan setelah jatuhnya kota Mubi ke tangan Boko Haram pada Oktober lalu. Penyerangan ini melibatkan militan dengan pasukan pemerintah.
Salah satu dari tentara yang diberhentikan mengaku hanya mematuhi perintah komandan. Pimpan mereka memerintahkan untuk mundur dari Mubi karena tidak memiliki senjata yang cukup untuk melawan.
“Kami tidak diberi kesempatan untuk membela diri. Selama 20 tahun saya menghabiskan waktu sebagai tentara melayani Nigeria,” katanya seperti dilansir dari BBC, Kamis (28/5).
Pejabat militer mengatakan ada sebuah video yang memperlihatkan pada peperangan tersebut, tentara Nigeria kabur melarikan diri. Atas tindakan bodoh ini diharapkan prajurit itu juga tidak menerima bayaran atau uang pensiun. Mereka juga dilarang membela diri dalam pengadilan.(rz)

Dunia Islam Terbaru