Rohingya: Lebih Baik Melawan Daripada Terus Ditindas Tentara Myanmar

Eramuslim.com – Muslim Rohingya mengatakan pada Ahad (7/1) mereka tak memiliki pilihan selain memerangi apa yang mereka sebut terorisme yang disponsori negara Budha ekstrem Myanmar untuk membela komunitas Rohingya, dan mereka menuntut Rohingya diajak berkonsultasi mengenai semua keputusan yang mempengaruhi masa depan mereka.

Tentara Penyelamatan Rohingya Arakan (ARSA) melancarkan serangan-serangan terhadap pasukan keamanan Myanmar pada 25 Agustus, yang memicu operasi-operasi kontra pemberontakan di negara bagian Rakhine di bagian utara Myanmar yang mayoritas dihuni Muslim.

Operasi-operasi oleh pasukan keamanan mengarah kepada kekerasan yang meluas dan pembakaran serta eksodus sebanyak 650.000 orang desa Rohingya ke Bangladesh.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengutuk kampanye militer Myanmar itu dan menyebutnya sebagai pembersihan etnis. Myanmar yang mayoritas penduduknya penganut Buddha membantah hal itu.

Tetapi sejak serangan-serangan Agustus, kelompok pemberontak kecil itu telah melancarkan relatif sedikit serangan hingga Jumat, ketika para pejuangnya menghadang sebuah truk militer myanmar, melukai beberapa anggota pasukan keamanan.

“ARSA tak punya … pilihan lain selain bertempur melawan terorisme yang disponsori negara Myanmar tehradap penduduk Rohingya demi maksud membela, menyelamatkan dan melindungi komunitas Rohingya,” demikian kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh pemimpinnya Ata Ullah dan disiarkan melalui Twitter.