Roket Serang Yordania dan Israel, Serangan Al-Qaidah?

Beberapa ledakan mengguncang Israel di kawasan resor Laut Merah Eilat dan kota pelabuhan Aqaba Yordania. Media Israel mengatakan tiga roket jatuh ke laut dan satu berhasil mendarat di area terbuka di Eilat. Tidak ada korban cedera atau kerusakan di Israel atas serangan roket tersebut.

Roket lainnya mendarat di dekat Hotel Intercontinental di Aqaba. Pihak berwenang Yordania mengatakan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

Pejabat Israel mengatakan kepada Radio Israel bahwa polisi Yordania dan tentara dikerahkan di seluruh kota, di persimpangan, puncak bukit dan bangunan pemerintah.

Sumber-sumber keamanan Israel percaya bahwa roket ditembakkan dari Semenanjung Sinai Mesir oleh kelompok Islam yang terkait dengan "Global Jihad" – mengacu kepada gerakan al-Qaidah.

Walikota Eilat, Meir Yitzhak Halevy mengatakan kepada Radio Israel bahwa "elemen fundamentalis" mencoba untuk membuat kekacauan di sebuah resor yang dipenuhi para wisatawan. Dia mengatakan dia berharap pasukan keamanan Israel dan Mesir akan menghapus ancaman terorisme dari wilayah tersebut.

Wilayah Eilat berada di ujung selatan Israel dan biasanya jauh dari kekacauan lainnya di daerah perbatasan Israel, seperti Gaza, Tepi Barat dan Libanon. Namun ini adalah serangan roket kedua yang terjadi dalam tiga bulan terakhir, menimbulkan kekhawatiran bahwa Eilat bergerak menjadi salah satu target serangan. (fq/voa)