Jadi Sekutu Armenia, Rusia Ancam Perangi Turki di Azerbaijan

Eramuslim.com – Penyebab hancurnya dua unit jet tempur Angkatan Bersenjata Armenia disebut adalah karena serangan pesawat perang milik militer Turki. Selain menuai kecaman dari Armenia, Turki dikhawatirkan akan memancing kemarahan Rusia.

Sebelumnya disebutkan bahwa ada dua unit pesawat tempur Sukhoi Su-25 Angkatan Bersenjata Armenia yang jatuh di wilayah pegunungan. Jatuhnya pesawat-pesawat tempur itu diklam Kementerian Pertahanan Armenia, akibat serangan jet perang Angkatan Bersenjata Turki (TSK).

Insiden ini mengundang kemarahan Rusia, yang merupakan sekutu terbesar Armenia. Intervensi Turki dalam Perang Armenia-Azerbaijan, membuat Rusia geram dan mengancam akan berbalik menyerang. Lewat juru bicara Kementerian Luar Negeri, Maria Zakharova, Rusia memastikan akan mendukung penuh untuk melawan pasukan gabungan Turki dan Azerbaijan.

“Kabar jatuhnya pesawat tempur Su-25 yang disebabkan oleh F-16 menurut Kementerian Pertahanan Armenia, akan memperumit situasi. Karena, Moskow berkewajiban untuk memberikan bantuan militer kepada Armenia, di bawah Perjanjian Taskhent,” ujar Zakharova dikutip dari Bulgariamilitary.com.

Zakharova juga mengonfirmasi bahwa pemerintah Armenia tengah mempertimbangkan pengaktifan Pasal 4 Pakta Pertahanan Keamanan Kolektif (CSTO) 1992.