Salafy Mesir Juga Kirim Bantuan ke Gaza

Senin lalu, konvoi bantuan kemanusiaan dan medis tiba di jalur Gaza. Bantuan kemanusiaan ini diberikan oleh jamaah Anshar As Sunnah, salah satu gerakan Islam di Mesir yang berhaluan Salafy.

Dan bantuan ini merupakan bantuan pertama yang tiba di Gaza serta disampaikan oleh ‘Salafy’ Mesir, seminggu setelah penyerangan zionis Israel terhadap konvoi armada kebebasan, di mana dalam aksi brutal zionis Israel tersebut menewaskan 9 orang warga Turki.

Syaikh Ahmad Yusuf, sekretaris jenderal jamaah itu mengatakan bahwa bantuan yang mereka salurkan ke jalur Gaza senilai 500.000 poundsterling, terdiri dari 190 ton gula, beras, tepung, kacang-kacangan berikut dengan sejumlah besar obat-obatan medis.

Syaikh Ahmad Yusuf juga menyatakan bahwa keputusan untuk mengirimkan bantuan ke jalur Gaza sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu, namun adanya penutupan perbatasan Rafah oleh pemerintah Mesir, maka pengiriman bantuan tersebut tertunda sebelum akhirnya Selasa kemarin presiden Mubarak mengizinkan dibukanya perbatasan Rafah.

Hal tersebut disampaikan oleh Syaikh Yusuf pada surat kabar Al Mashri Al Yaum hari Rabu kemarin (9/6). Ia mengatakan bahwa bantuan yang mereka kirim setidaknya dapat membantu meringankan beban rakyat Gaza yang telah lama menderita oleh blokade zionis Israel.

"Negara-negara Arab dan dunia Islam harus bersatu untuk merespon blokade Israel terhadap jalur Gaza," katanya menegaskan.

Dia menjelaskan bahwa kelompok mereka sedang mempersiapkan untuk mengirimkan konvoi bantuan lanjutan dalam beberapa hari mendatang, terutama bekerjasama dengan komunitas Bulan Sabit Merah yang diharapkan akan mempermudah masuknya bantuan kemanusiaan ke jalur Gaza setelah pembukaan persimpangan perbatasan Rafah.(fq/imo)