Satu dari Lima Warga AS Memilih Tak Beragama

Satu dari lima orang dewasa Amerika mengidentifikasian diri mereka tidak masuk dalam denominasi agama tertentu, data baru dari Pew Research Center menunjukkan.

Meskipun peningkatan yang ditandai “nones,” sebagaimana kalangan tidak beragama itu disebut, banyak dari kalangan yang tidak beragama ini masih relijius dan mengatakan mereka berdoa serta memiliki rutinitas spiritual.

Studi bertajuk “Agama dan Kehidupan Publik” mengelompokkan ateis, agnostik, dan orang-orang yang mengaku tak memiliki keyakinan tertentu jumlahnya kian bertambah dari tahun ke tahun. Sekarang, total mereka yang mengisi kolom keyakinan sebagai “tak punya” ini berjumlah 46 juta orang.

Laporan tersebut menemukan bahwa 19,6 persen orang Amerika mengatakan mereka adalah “nothing in particular,” (termasuk agnostik atau ateis) naik dari sekitar 8 persen pada tahun 1990.

Tren ini paling menonjol di antara orang dewasa muda, sepertiga dari mereka mengidentifikasi diri mereka sebagai nones. Secara keseluruhan, para nones bersandar pada partai Demokrat, dengan sekitar 68 persen mengatakan mereka cenderung memilih Demokrat.(fq/ndscvr)