Satu Dekade jadi Buronan Paling Dicari, Persembunyian Osama bin Laden Terbongkar karena Jemuran Pakaian

Eramuslim.com – Amerika Serikat (AS), dengan kekuatan intelijennya yang mutakhir, membutuhkan waktu satu dekade untuk menemukan buronan yang paling dicari, Osama bin Laden. Bahkan setelah bertahun-tahun, penemuan tempat persembunyian Osama bin Laden terjadi secara “kebetulan”.

Osama bin Laden yang diyakini sebagai dalang di balik serangan 11 September 2001 di New York, dikenal piawai dalam bersembunyi. Tetapi pemimpin Al Qaeda itu harus meregang nyawa dalam operasi militer yang dilakukan oleh AS di bawah pemerintahan Barack Obama pada Mei 2011.

Operasi militer tersebut dilakukan setelah militer AS menemukan tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan.

Dalam sebuah buku berjudul “The Rise and Fall of Osama bin Laden” yang ditulis oleh analis keamanan nasional sekaligus mantan produser CNN, Peter Bergen, terungkap bagaimana AS mengetahui tempat persembunyiaan Osama bin Laden.

Lewat buku yang terbit pada Selasa (27/7) itu, Bergen membeberkan bahwa jemuran pakaian dari kediamannya lah yang membuat Osama bin Laden tertangkap, seperti dikutip New York Post.

Osama bin Laden merupakan satu dari 54 bersaudara yang lahir pada 1957 dari seorang pengusaha kaya Yaman, Mohammed bin Laden.

Seperti sang ayah, Osama bin Laden juga menganut sistem poligami. Namun bukan hanya itu, ia juga kerap menceraikan istri-istrinya untuk menikahi yang baru.

Ketika serangan 11 September terjadi, Osama bin Laden diketahui tengah memiliki tiga istri, yaitu Khairiah Sabar (52 tahun), Siham al-Sharif (44 tahun), dan Amal el-Sadah (17 tahun).