Satukan Langkah, Massa Anti Mubarak Bentuk Kepemimpinan Terpadu

Berbagai gerakan oposisi yang melakukan aksi unjuk rasa di Tahrir Square di Kairo pusat selama dua minggu terakhir telah membentuk sebuah kepemimpinan terpadu sebagai juru berbicara bagi para demonstran dalam periode mendatang.

"Lima kelompok besar [yang berpartisipasi dalam demonstrasi] telah membentuk komite revolusioner dan dipilih sepuluh orang untuk mewakili mereka," kata aktivis Ziad al-Alimy pada hari Senin kemarin (7/1).

Al-Alimy menjelaskan bahwa koalisi termasuk gerakan 6 April, sayap pemuda Ikhwanul Muslimin, Mohamed ElBaradei Support Group, Gerakan pemuda Kebebasan dan Keadilan dan Front sayap pemuda Partai Demokrat.

Pembentukan merupakan penampilan pertama dari kepemimpinan terpadu antara demonstran, yang bersikeras mempertahankan pemberontakan mereka yang dimulai pada tanggal 25 Januari lalu.

"Koalisi ini akan berkoordinasi dengan pihak oposisi dan kelompok lain untuk melanjutkan menuntut keberangkatan Presiden Hosni Mubarak," kata al-Alimy.

Dia menambahkan bahwa koalisi itu tidak berpartisipasi dalam perundingan yang diadakan baru-baru ini antara beberapa kelompok dan partai oposisi dengan Wakil-Presiden Omar Suleiman. (fq/almasryalyoum)