Saudi Beli Alutsista Made In AS Senilai Rp.1.452 Triliun

Eramuslim.com – Sebuah kesepakatan militer senilai $ 110 miliar (-+Rp 1452 trilyun) telah ditandatangani antara AS dan Arab Saudi pada hari Sabtu (20/5/2017), ketika Presiden Donald Trump mengunjungi Riyadh dalam sebuah perjalanan tingkat tinggi ke negara sekutu penting AS tersebut.

Washington setuju untuk menjual senjata dan layanan pertahanan ke Riyadh dalam salah satu “kesepakatan senjata tunggal terbesar” dalam sejarah AS, ketika kedua negara menandai sebuah babak baru dalam hubungan mereka.

Sumber-sumber mengkonfirmasi kepada The New Arab bahwa kesepakatan tersebut akan melampaui angka $ 350 miliar (-+Rp 4620 trilyun) selama sepuluh tahun mendatang, sementara kesepakatan lainnya ditandatangani pada peningkatan kerjasama ekonomi.

Dalam sebuah acara high profile yang dihadiri oleh pejabat tinggi antara kedua belah pihak, Trump dan Raja Salman menandai sebuah babak baru dalam hubungan antara kedua kekuatan tersebut mengenai masalah keamanan regional dan kerja sama militer.

Sumber-sumber Saudi mengatakan kepada The New Arab bahwa kesepakatan tersebut akan menyediakan ratusan ribu pekerjaan di kedua negara tersebut.

Ini akan mencakup kontrak militer senilai $ 350 miliar selama dekade berikutnya, koresponden New Arab Saudi mengkonfirmasi.

Washington dan Riyadh juga akan melakukan investasi bersama di sektor pertambangan dan energi, termasuk raksasa minyak Aramco Saudi, yang akan diprivatisasi sebagian tahun depan dalam apa yang diharapkan sebagai IPO terbesar di dunia.

Kesepakatan tersebut merupakan dorongan besar bagi Arab Saudi ketika kerajaan tersebut tampaknya mengambil peran lebih aktif di kawasan ini – untuk mengurangi pengaruh Iran – dan diversifikasi ekonominya.

AS ingin menjual senjata ke negara Teluk yang kaya minyak itu untuk memperkuat sekutunya, dan juga Riyadh bekerja sama dalam memerangi terorisme.

Arab Saudi menginginkan dukungan Washington dalam konfrontasi yang sedang berlangsung dengan saingan berat Iran.

“Paket peralatan dan layanan pertahanan ini mendukung keamanan jangka panjang Arab Saudi dan kawasan Teluk dalam menghadapi ancaman Iran,” kata seorang pejabat kepada AFP.

“Ini akan meningkatkan kemampuan Arab Saudi untuk berkontribusi terhadap operasi kontra-terorisme di seluruh wilayah, mengurangi beban militer AS untuk melakukan operasi tersebut,” pejabat tersebut menambahkan.

Sekretaris Negara Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir menandatangani kesepakatan di kemudian hari.

Kesepakatan itu datang saat Trump melakukan tur luar negerinya yang pertama sebagai presiden dengan pemberhentian pertama di Riyadh.

Di sana dia, Ibu Negara Melania dan pejabat terkemuka AS bertemu dengan Raja Saudi Salman, para menteri, dan bangsawan terkemuka.

Kunjungan ini dikatakan, sebagian, merupakan pernyataan terbuka kepada Iran tentang komitmen Washington kepada Arab Saudi sebagai pusat kekuatan regional.

Penjualan senjata AS-Saudi menyoroti keinginan bersama oleh kedua negara untuk memperkuat hubungan, yang memburuk selama masa jabatan terakhir Barack Obama di kantornya.

Arab Saudi terlibat dalam perang melawan pemberontak Syi’ah Houtsi yang didukung Teheran di Yaman, dengan pemberontak menembakan sebuah rudal ke Riyadh beberapa jam sebelum pesawat Trump mendarat di ibukota Saudi.

Riyadh juga terlibat dalam perang udara koalisi pimpinan AS melawan kelompok Islamic State di Irak dan Suriah.

Pejabat AS tersebut menggambarkan kesepakatan militer tersebut sebagai “perluasan yang signifikan dari hubungan keamanan tujuh dekade yang telah berlangsung lebih lama antara Amerika Serikat dan Kerajaan Arab Saudi”.(jk/vi)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/pahlawan-akankah-hanya-menjadi-kenangan-untold-history-eramuslim-digest-edisi-9.htm