free hit counters
 

Secara Rahasia, Obama dan Khamenei Bahas Kerjasama Perangi Negara Islam

Redaksi – Jumat, 7 November 2014 07:22 WIB

obama khameneiPresiden AS Barack Obama secara rahasia menulis surat  untuk pemimpin tertinggi Syiah Iran untuk membahas kemungkinan kerjasama dalam memerangi militan Islam dan kesepakatan nuklir, dilaporkan media AS pada hari  Kamis.

Obama mengirim surat bulan lalu untuk Ayatollah Ali Khamenei dan dijelaskan apa yang disebut sebagai “pertarungan bersama” melawan Sunni militan Negara Islam, Wall Street Journal mengatakan.

Iran, sebuah negara  Syiah, dan Amerika Serikat secara tampil dipermukaan seolah olah tidak memiliki hubungan diplomatik sejak tahun 1979 ketika adanya penyerbuan kedutaan Amerika di Teheran dalam  krisis penyanderaan 444 hari.

Tapi ada dunia semakin menyadari bahwa Iran – dan  Washington memainkan peran politiknya di negara-negara seperti Irak dan Suriah.



Menolak untuk menyangkal atau mengkonfirmasi laporan itu, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan: “Saya tidak dalam posisi untuk membahas korespondensi pribadi antara presiden dan setiap pemimpin dunia.”

Dalam suratnya, Obama dikabarkan menekankan kepada Khamenei bahwa setiap kerjasama dalam memerangi militan ISIS akan tergantung pada kesepakatan nuklir yang komprehensif.

The Journal mengatakan hal itu diyakini sebagai surat keempat dari Obama untuk Khamenei sejak pemimpin Amerika mulai menjabat pada tahun 2009.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan  bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif serta kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Cathy Ashton di Oman pada hari Minggu  untuk putaran baru pembicaraan nuklir. (Arby /Dz)

Dunia Islam Terbaru