Sekarang, Kampanye Gay Disponsori AS Di Islamabad

Tepat ketika tampaknya hubungan antara AS dan Pakistan sudah semakin buruk, sesuatu yang mengejutkan terjadi, kerut baru kali ini atas sponsor AS dalam acara pesta gay di Islamabad.

Kelompok agama konservatif di Pakistan mengkritik tajam Kedutaan Besar AS di Islamabad karena mensponsori perayaan pertama gay di negara itu, termasuk juga lesbian, biseksual dan transgender pada 26 Juni, beberapa hari lalu. Mereka menggambarkan peristiwa ini sebagai "terorisme budaya" dan serangan paling berbahaya kedua di negara itu oleh AS setelah serangan udara dan rudal yang telah menewaskan warga sipil.

Para pejabat di Kedutaan Besar AS di sana mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa acara itu, disponsori oleh Gays and Lesbians in Foreign Affairs Agencies "… menunjukkan dukungan Kedutaan Besar AS terhadap hak asasi manusia, termasuk hak-hak LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan kaum Transgender) di Pakistan pada saat hak-hak tersebut semakin dimusuhi oleh elemen-elemen ekstrimis di seluruh masyarakat Pakistan."

Wakil Kepala Misi Duta Besar Richard Hoagland menegaskan kembali komitmen AS untuk proklamasi ditandatangani oleh Presiden Barack Obama 31 Mei, "mendedikasikan kembali diri kita sendiri untuk mengejar persamaan hak bagi semua, tanpa memandang orientasi seksual atau identitas gender. Saya tegaskan: Kedutaan Besar AS di sini mendukung Anda dan berdiri di sisi Anda di setiap langkah di jalan."

Belum ada komentar langsung dari pejabat pemerintah Pakistan tetapi hal ini jelas tampaknya akan semakin memicu kemarahan publik terhadap AS di negara itu. (sa/aby)