Sekuler Masih Mencoba Demonstrasi Untuk Memancing Kerusuhan di Turki

turki rusuhPolisi anti huru hara Turki pada hari Sabtu menembakkan peluru karet, gas air mata dan meriam air untuk membubarkan Ratusan pengunjuk rasa yang mencoba untuk memasukkan Istanbul square sebagai kelanjutan  kerusuhan mematikan itu melanda negara itu pada bulan Juni.

Polisi bergerak masuki taman itu ketika para demonstran memprotes di kawasan Beyoglu kota yamng ditujukan  terhadap Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan .

Alun-alun taman tersebut adalah awal  kerusuhan meletus yang menyebarkan kerusuhan di seluruh Turki pada 31 Mei lalu , setelah polisi secara  membubarkan para pendemo  terhadap rencana pembangunan kembali bangunan pemerintah dan masjid yang berdekatan dengan Gezi Park.

Kerusuhan demonstrasi yang lalu menewaskan  lima orang  dan sekitar 8.000 terluka, sebagai tantangan  pemerintahan yang berakar Islam , dan serbuan kritikan  tajam dari Barat.

Gezi Park, terpaksa ditutup setelah polisi mengusir demonstran pada tanggal 15 Juni, kembali dibuka untuk umum pada awal minggu lalu, dengan catatan demonstrasi tetap dilarang. (Arby/KH)