Selain Inggris, Tercatat Jerman Pun Negara Pengekspor Utama Bahan Kimia Ke Suriah

jerman inggrisPemerintah Jerman pada hari Senin mengakui telah menyetujui ekspor bahan kimia pada tahun 2011 ke Suriah , dimana bahan itu  dapat digunakan menjadi bahan dasar  senjata kimia dalam jumlah besar .

Data yang dirilis oleh kementerian ekonomi menunjukkan bahwa perusahaan Jerman telah melakukan ekspor bahan kimia ke Suriah dengan jangka waktu dari tahun 1998 hingga  2011 dengan total 360 ton bahan kimia yang digunakan untuk penggunaan militer atau sipil .

” Setelah kajian komprehensif dari semua informasi yang tersedia , dapat diasumsikan bahwa barang-barang yang diekspor dengan alasan  tujuan sipil oleh industri swasta , ” kilah kementerian ekonomi Jerman dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu tidak mengatakan  perusahaan mana saja telah mengekspor bahan kimia tetapi mengatakan bahwa pengiriman telah dihentikan sejak  Mei 2011 ketika sanksi terhadap ekspor kimia untuk Suriah diberlakukan .

Inspektur PBB mengenai senjata kimia  melaporkan pada bulan September lalu bahwa senjata kimia dilarang dalam penggunaan dalam skala besar dalam perang sipil Suriah , dan bukti  menunjukkan gas sarin telah digunakan dan telah menewaskan ratusan orang di daerah yang dikuasai oposisi di dekat Damaskus pada 21 Agustus. (Arby/Dz)