Selain Uyghur, China Juga Targetkan Muslim Hainan?

Eramuslim.com – Banyak kalangan hanya mengetahui Muslim Uyghur yang kini menjadi sorotan karena ditindas oleh rezim komunis RRC atas nama program deradikalisasi. Namun selain Uyghur, ternyata ada juga komunitas Muslim Hainan yang belakangan diketahui juga menjadi sasaran kampanye nasional Partai Komunis Tiongkok (PKT) untuk mencapai apa yang mereka sebut sebagai ‘the Sinicization of Islam’.

Etnis Utsul tinggal di Provinsi Hainan, wilayah paling selatan Tiongkok yang memiliki iklim tropis dengan pantai pasir putih dan pohon palem yang rindang.

Dunia sudah mengetahui jika perlakuan China terhadap etnis Muslim, khususnya Uyghur, telah disebut sebagai genosida dan dikecam secara internasional. Kini Utsul, komunitas Muslim Sunni, dicurigai telah menjadi target baru rezim komunis RRC dalam pembatasan beragama yang telah berjalan di Beijing, sehingga komunisme dapat menjadi ideologi dominan di negara terbesar ketiga di dunia itu.

Gu Yi, seorang Muslim yang menjadi komentator politik, mengemukakan kepada VOA Mandarin jika kampanye Sinisisasi Islam PKT dimaksudkan untuk menghancurkan budaya Islam.