Selamat Belanda, Untuk Berani Meninggalkan Afghanistan!

Para pejuang Taliban Afghanistan mengucapkan selamat kepada Belanda. Bukan karena Belanda berhasil masuk final Piala Dunia 2010 kemarin di Afrika Selatan, tapi karena akhirnya Belanda menarik pasukannya dari negeri ini.

Menurut Radio Netherland Worldwide, semua tentara Belanda telah mengundurkan diri dari provinsi Afghanistan Uruzgan oleh hari Minggu.

Juru bicara Taliban di Afghanistan selatan dan barat, Ahmadi Yusuf berkata, "Kami mengucapkan selama tulus ikhlas kepada pemerintah Belanda selamat tulus pada keberanian mereka dalam membuat keputusan independen."

Yusuf berharap negara-negara lain akan menyusul. Dia melanjutkan dengan harapan suara bahwa Partai Buruh (PvdA) akan dimasukkan ke dalam pemerintah Belanda berikutnya. "Partai Buruh telah membuat salah satu keputusan yang paling penting bagi pemerintah Belanda dan warga negaranya," dalihnya.

Di Belanda memang terjadi perpecahan kabinet sehubungan misi di Afghanistan.

Sekitar 2.000 prajurit Belanda sebelumnya dikerahkan di Provinsi Uruzgan. Partai Buruh Belanda menolak perpanjangan misi militer, sedangkan anggota koalisi lainnya, Christian Democrats dan Christian Union mendukung. (sa/rnw)