Senat Perancis Memerintahkan Pemerintah Dialog Dengan Hamas

Senat Perancis memberikan nasehat dan dukungan agar pemerintah Perancis membangun dialog langsung gerakan militan Palestia – Hamas. Laporan dari langkah-langkah diplomasi di Timur Tengah, yang dilakukan para pejabat Perancis, kemudian mendapatkan dorongan dari  parlemen agar membangun hubungan langsung dengan Hamas.

Senator Philipe Marini, yang berasal dari  Partai UMP, secara ekplisit telah menyampaikan kepada Presiden Nicolas Sarkozy untuk membuka hubungan langsung dengan Hamas. Selama ini Perancis masih mengambil jarak dengan Hamas, dan  sikapnya yang paralel dengan Zionis-Israel, yang menuduh Hamas sebagai kelompok teroris.

Tapi, faktanya Hamas sebagai gerakan perjuangan yang utama di Palestina, dan memenangkan pemilu tahun 2006, dan mendapatkan dukungan suara 60 persen dari rakyat Palestina. Namun, kemenangan yang diraih Hamas itu, justru diboikot oleh AS, Uni Eropa, dan termasuk Perancis, yang sudah terprovokasi oleh Israel. Namun, faktanya semua negara yang ingin menyelesaikan konflik Palestina, tidak akan mampu bergerak tanpa adanya keterlibatan Hamas.

Le Figaro memberitakan, Senator Marini, mengatakan, "Hamas tidak akan mungkin dikucilkan selamanya. Harus ada lebih banyak lagi dialog dengan Hamas agar mengerti apa yang diinginkannya. Philipe Marini bertemu dengan sejumlah pejabat Hamas, dan mengerti tentang tujuan yang ingin dicapai Hamas. (m/wb)