free hit counters
 

Senator McCain: Gaddafi Harus Diadili dengan Tuduhan Kejahatan Perang

Al Furqan – Jumat, 25 Maret 2011 08:29 WIB

Pemimpin Libya Muammar Gaddafi harus diadili atas kejahatan perang dan tindakannya menghancurkan pemberontak oposisi sudah sampai pada tingkat brutal, kata Senator AS John McCain Kamis kemarin (24/3).

"Saya ingin melihatnya (Gaddafi) berada dalam sebuah pengadilan internasional … untuk kejahatan perang yang ia lakukan," kata McCain, wakil Republik dari Arizona, kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers di Tucson, Arizona.

"Saya berpikir bahwa hal itu akan menjadi yang terbaik dari semua hasil yang dilakukan," katanya.



Seorang senior dari kubu Republik yang bersaing melawan Barack Obama pada tahun 2008, McCain menambahkan bahwa pasukan pemimpin Libya itu telah mencoba untuk menekan pemberontak anti-Gaddafi dengan tingkat terburuk yang paling brutal."

"Gaddafi melakukan kejahatan terhadap rakyat sendiri, tentu ada banyak bukti bahwa ia telah melakukan kejahatan perang," tambah McCain.

Dia mengatakan bahwa ada juga bukti keterlibatan langsung Gaddafi dalam pemboman sebuah jet penumpang Pan Am yang meledak di atas desa Lockerbie, Skotlandia, pada bulan Desember 1988, yang menewaskan 270 orang.

"Kami memiliki bukti tambahan tentang keterlibatan langsungnya atas insiden Pan Am 103 yang mengambil 190 nyawa rakyat Amerika," tambah McCain.(fq/reu)

Dunia Islam Terbaru