free hit counters
 

Senegal Akan Kirim 2.100 Tentaranya Bergabung Dengan Koalisi Islam Untuk Hancurkan Pemberontak Houthi di Yaman

Redaksi – Selasa, 15 Rajab 1436 H / 5 Mei 2015 07:04 WIB

news_34297_1Eramuslim.com – Senegal berkomitmen akan mengirim 2.100 tentaranya ke Arab Saudi sebagai bagian dari koalisi internasional memerangi pemberontak syiah Houthi di Yaman yang mengancam Mekkah dan Madinah. Presiden Senegal Macky Sall, mengatakan hal itu setelah kembali dari kunjungannya ke Arab Saudi bulan lalu.
“Koalisi internasional bertujuan untuk melindungi dan mengamankan tempat-tempat suci Islam, Madinah dan Mekkah,” kata Menteri Luar Negeri Senegal Mankeur Ndiaye (4/5).
“Presiden, telah memutuskan untuk merespons positif permintaan ini dengan mengerahkan kontingen dari 2.100 laki-laki di tanah suci Arab Saudi,” jelas Ndiaye.
Koalisi ingin mengembalikan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi, termasuk delapan negara-negara Arab lain dan menerima dukungan logistik dari Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.
Menteri Luar Negeri Arab Saudi menuturkan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, kalau aliansi sedang mempertimbangkan untuk menghentikan serangan udara di daerah tertentu di Yaman untuk memungkinkan pasokan kemanusiaan. PBB menyebut kalau situasi kemanusiaan di Yaman telah putus asa setelah minggu pemboman.
Senegal sebelumnya mengerahkan pasukan ke Arab Saudi sebagai bagian dari aliansi pimpinan AS selama Perang Teluk melawan Irak, ketika 92 tentara yang tewas dalam kecelakaan sebuah pesawat transport Saudi pada tahun 1991. (rz)

Dunia Islam Terbaru