Sepanjang 2016: 14.806 Teroris Zionis-Israel Serbu Al-Quds

alqudsEramuslim.com – Serbuan teroris sayap kanan Zionis-Israel ke kompleks masjid Al Aqsa Palestina mencapai angka tertinggi pada 2016 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh lembaga Waqf yang mengelola situs suci tersebut.

Kepala Departemen Humas Kepercayaan Religi Firas Al Dibs mengatakan, sebanyak 14.806 warga Zionis menyerbu kompleks tersebut pada 2016 melalui gerbang Marok.

Seperti dikutip Maan News, Sabtu (31/12),  ia mengatakan, jumlah tertinggi serbuan tersebut terjadi pada Oktober 2016.

Al Dibs menekankan, serbuan tersebut termasuk penyerangan pada pekerja Waqf berupa larangan memasuki situs suci itu. Seorang petugas keamanan Hussam Sidr adalah orang terkini yang mendapat larangan dari otoritas Zionis-Israel untuk memasuki kompleks Al Aqsa selama enam bulan.

Pembatasan pergerakan pada warga Palestina juga kerap dilakukan otoritas Zionis-Israel atas alasan keamanan terutama pada liburan Yahudi.

Ketegangan di sekitar masjid Al Aqsa menjadi sumber utama suasana tidak kondusif yang bermula sejak Oktober 2015. Kala itu, warga Zionis-Israel kerap melakukan kunjungan ke situs Al Aqsa. (gh/rol)