Serbia Naikkan Hadiah Jadi 10 Juta Euro Bagi yang Bisa Tangkap Ratko Mladic

Serbia hari Kamis kemarin (28/10) menawarkan hadiah 10 juta euro untuk informasi yang mengarah pada penangkapan orang yang paling dicari tersangka pelaku kejahatan perang Balkan Ratko Mladic, yang penangkapannya berlaku bagi keanggotaan Uni Eropa.

Awal minggu ini menteri luar negeri Uni Eropa sepakat untuk meminta komisi eksekutif Uni Eropa untuk melakukan peluncuran pembicaraan dengan Serbia, sebuah langkah prosedural dalam proses aksesi panjang.

Untuk kemajuan tersebut, negara pro-Barat  masih berharap bisa menangkap Mladic, yang didakwa oleh pengadilan kejahatan perang PBB atas genosida dalam pembantaian 8.000 Muslim Bosnia pada tahun 1995 di kota Srebrenica dan pengepungan Sarajevo tahun 1992-1995.

"Pemerintah telah menambah uang dalam anggaran untuk menutupi hadiah yang akan diberikan. Selalu ada uang untuk alokasi tersebut," kata Menteri Infrastruktur Verica Kalanovic. "Serbia bertekad untuk menyingkirkan beban itu."

Pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menaikkan hadiah menjadi 10 juta euro dari hadiah sebelumnya yang hanya 1 juta euro. Upah rata-rata di Serbia adalah sekitar 300 euro sebulan dan 20 persen pekerja adalah menganggur.

Pemerintah juga mengatakan menaikkan hadiah untuk buronan Goran Hadzic, pemimpin pada masa perang Serbia di Kroasia, menjadi 1 juta euro dari 350 ribu euro.

"Kami sedang mempertimbangkan 500.000 (euro), tapi 1 juta euro adalah tawaran yang lebih baik bagi orang ini," kata seorang pejabat pemerintah yang berbicara dengan syarat anonim.

Di wilayah republik Serbia dan Bosnia Serbia, Ratko Mladic masih menikmati dukungan dari kubu garis keras yang menganggap dia adalah seorang pahlawan.

Jaksa kejahatan perang Serbia Vladimir Vukcevic seperti dikutip di harian Inggris The Times pada hari Kamis kemarin mengatakan bahwa mantan kepala negara layanan rahasia Rade Bulatovic dan mantan perdana menteri Vojislav Koštunica mengizinkan Mladic untuk menghindari penangkapan.

Pada bulan Mei, keluarga Mladic di pengadilan menyatakan dia telah mati atas dasar bahwa dirinya dalam kondisi kesehatan yang buruk dan mereka tidak melakukan kontak dengan dia selama lebih dari lima tahun.

Amerika Serikat telah menawarkan hadiah 5 juta dolar untuk informasi yang mengarah kepenangkapan Mladic, dan menjanjikan perlindungan terhadap informan dan merelokasi keluarga mereka.(fq/bdnews24)