Shalat Tarawih Pertama Setelah 600 Tahun

Shalat tarawih dan doa berkumandang, dan ini pertama kalinya berlangsung di Masjid Ottoman sesudah 600 tahun. Shalat yang berlangsung tarawih dan doa itu, pada Minggu malam. Ini merupakan sebuah episode sejarah yang sangat monumental, sejak Turki Ottomani dihancurkan oleh rezim militer yang dipimpin Kemal At-Taturk, yang menganut sistem sekuler.

Banyak warga Turki yang berbondong-bondong ke masjid, di mana termasuk "tentara Ottoman" ikut berdoa dalam shalat terawih pertama itu. Pintu Masjid Ottoman dibuka, dan segera memberikan kesemptan pada kaum muslimin yang ingin melaksanakan shalat tarawih.

Langkah dibukanya kembali Masjid Ottoman ini, tak lain, berkat upaya walikota Istambul Nedim Serbestol, yang menjadi Mukhtar (pejabat setempat), yang beranggung jawab di lingkungan Namazgah, di mana Masjid Ottoman berada. Pihak berwenang di distrik Yildirim, juga menunjuk seorang imam masjid untuk memimpin shalat tarawih selama bulan Ramadhan.

Mihrab dari  marmer dan mimbar masjid yang indah itu dinyalakan saat berlangsung shalat, dan sound system dihidupkan untuk terawih pertama. Ribuan warga Istamnbul berdiri untuk shalat di bawah naungan pohon yang sangat rindang. Karena ruangan masjid tidak mampu menampung jamaah. Walikota Recep Altepe dan Osmangazi Walikota Mustafa Dundar juga hadir pada hari Minggu malam.

Banyak yang mengatakan mereka mengungkapkan kegembiraan mereka dengan dibukanya kembali masjid Ottoman itu. Mereka mengatakan dengan dibukanya kemali Masjid Ottoman itu, memudahkan mereka menjalankan shlalt, selama di luar ruangan selama musim panas dan bahwa mereka akan terus mengunjungi masjid sepanjang bulan Ramadhan.

Walikota Altepe mengatakan timnya bekerja untuk menghidupkan kembali identitas sejarah kota. Altepe pembukaan ini mengingatkan bahwa Kerajaan Ottoman, masjid ini juga salah satu tempat pertama untuk tentara melaksanakan shalat. Dia menambahkan bahwa mereka berencana untuk mengembalikan masjid setelah adanya ijin hibah dari Dewan Monumen Kotamadya.

Turki menyambut Ramadhan dengan melaksanakan shalat terawih pertama pada hari Minggu malam, diikuti dengan hari pertama puasa pada hari Senin. Masjid Hüsrevpaşa, dibangun oleh arsitek terkenal di dunia Ottoman Mimar Sinan di provinsi timur Van, dan shalat terawih pertama setelah 97 tahun. Masjid ini dibangun oleh Koca Husrev Pasa, seorang gubernur dari Van selama masa Ottoman.

Masjid itu rusak parah selama Perang Dunia I. Restorasi masjid baru selesai tahun lalu. Shalat terawih pertama di masjid dihadiri oleh Gubernur Van, Munir Karaloğlu dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) Van deputi Burhan Kayatürk dan Fatih Çiftçi serta ribuan penduduk Van.

Setelah shalat, jamaah disajikan dengan irmik halva dan serbat. Gubernur Karaloğlu mengatakan kepada wartawan bahwa mereka senang membuka masjid untuk sholat terawih. "Bagian bersejarah Van memiliki bangunan-bangunan serupa. Kita harus melestarikan mereka.. Ini adalah tanggung jawab kita," tambahnya.

Di Istanbul, Sultanahmet bersejarah (Masjid Biru), Eyup Sultan dan masjid Raya Sulaimaniah yang dipadati pengunjung sebelum doa bahkan mulai.

Edirne warga keluar ke Masjid Selimiye, karya lain oleh Sinan, untuk shalat terawih. Ratusan warga İzmir berada di Masjid Hisar untuk terawih pertama Ramadhan tahun ini.

Muslim di seluruh dunia telah memulai bulan refleksi, pemurnian dan tidak makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam. 1,2 miliar Muslim di dunia, sekitar seperlima dari populasi manusia, mulai hari ini memperhatikan tahun ini musim puasa Ramadhan, wajib untuk orang dewasa semua yang sehat secara fisik orang percaya dan dianggap sebagai salah satu dari lima pilar agama Islam.

Bulan suci ini dirayakan di seluruh seluruh dunia dengan antusiasme dan sukacita yang besar sebagai kesempatan bagus untuk menghapus semua hambatan budaya dan geografis yang berdiri di jalan penyatuan seluruh penduduk Muslim sekitar nilai-nilai sakral Islam. (mh/wb)