Sholat Ied di Gifu Jepang

Berbeda dari sholat ied tahun sebelumnya, kali ini yang jatuh pada hari Rabu tanggal 1 Oktober 2008, warga muslim di Gifu melaksanakan sholat Ied di masjid baru yang diresmikan 2 bulan lalu dimana pembangunannya menelan biaya 137Juta Yen (1.3 Juta US Dollar). Lokasi masjid sangat strategis, di area depan Kampus Gifu University. Kaum muslimin di Gifu berasal dari berbagai berbagai negara mencakup mahasiswa, businessman, industrial trainee, serta mualaf orang Jepang.

Dihadapan sekitar 400 orang, khutbah idhul fitri yang disampaikan oleh iman masjid dalam bahasa inggris, antara lain berisi ajakan untuk terus meningkatkan amal ibadah meskipun ramadhan tahun ini telah lewat, diharapkan untuk sering mendatangi masjid. Di sisi lain, khatib menyampaikan bahwa kajian terhadap Alqur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW sangat penting karena berisi solusi integral terhadap masalah kemiskinan dan keterbelakangan yang saat ini terjadi di berbagai belahan bumi.

Banyak dari jamaah yang membawa buah tangan berupa makanan khas masing-masing negara, setelah sholat ied, dilanjutkan dengan acara makan-makan bersama bertempat di halaman masjid, sedangkan yang wanita dan anak-anak tetap di dalam masjid.

(Dirilis oleh Working Group for Technology Transfer ( http://wgtt.org/ )