Sisi “Sang Kudeta” Bersumpah Perangi Teroris (Gerakan Islam)

sisi 2Pelaku kudeta militer Mesir Jenderal Abdel Fattah al – Sisi bersumpah pada hari Kamis untuk memerangi terorisme dan menstabilkan negara yang terpecah setelah sebuah ledakan menghantam sebuah bus umum di Kairo , melukai sedikitnya lima orang , kata beberapa pejabat keamanan .

” Jangan khawatir atau takut , tentara akan berkorban untuk Mesir . Kami akan menghilangkan ” terorisme , Sisi mengatakan pada upacara militer , dalam komentar pertamanya setelah Mesir diguncang dua serangan bom pekan ini .

” Jangan biarkan tindakan-tindakan teroris untuk mempengaruhi Anda . Jika Anda menginginkan kebebasan dan stabilitas , yang tidak diraih dengan mudah , maka Anda harus percaya Tuhan dan tentara Anda dan polisi , “kata Sisi , yang juga menteri pertahanan , dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh tentara .

Sisi , yang popularitasnya melambung sejak ia menggulingkan mantan Presiden Mohammad Mursi , mengatakan pasukan pertahanan memiliki kemampuan untuk membuat Mesir ” stabil , aman dan progresif , ” lapor AFP .

Sisi berbicara beberapa jam setelah ledakan meledak di Kairo sebagai bus berlalu dekat al – Azhar University di timur distrik Nasr City ibukota , Al Arabiya News Channel melaporkan .

Para pejabat keamanan mengatakan mereka sedang menyelidiki apakah bom telah ditempatkan di bus atau dilemparkan oleh seorang penyerang.

Pada hari Selasa , sebuah bom mobil bunuh diri besar-besaran di kota Delta Nil Mansoura menewaskan 16 orang  .

Pernyataan Sisi datang sehari setelah otoritas militer melabelkan  Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris .

Pemboman di Mansoura itu diklaim oleh kelompok jihad al- Qaeda , tetapi pihak berwenang menyalahkan Ikhwanul Muslimin yang melaksanakannya .

Kudeta atas  Mursi telah menyebabkan  Mesir terpecah . Ini memicu gelombang  pertumpahan darah ,  , dengan lebih dari 3.000 orang tewas dalam bentrokan jalanan dan ribuan lainnya ditangkap . (Arby/Dz)