Strategi Terbaru Pentagon Berfokus pada Serangan Cyber

Departemen pertahanan Amerika menyatakan bahwa Pentagon saat ini berencana akan menerapkan strategi baru dengan memusatkan perhatian pada kemampuan untuk menangkal berbagai tantangan seperti serangan cyber di internet dan ancaman-ancaman berbahaya dari kelompok-kelompok bersenjata.

Audit terbaru Pentagon yang dilakukan secara rutin setiap empat tahun, telah mengamandemen draft agar memasukkan pasal yang menyediakan dan membantu pasukan AS untuk melawan dua perang besar pada waktu yang bersamaan.

Departemen pertahanan AS akan memberikan perhatian khusus terhadap resiko serangan cyber di dunia maya, efek pemanasan global dan ancaman kelompok-kelompok bersenjata yang terorganisir.

Menurut laporan BBC, yang bertepatan dengan pengumuman strategi baru departemen pertahanan yang juga terkait dengan anggaran baru untuk tahun 2011 menyebutkan bahwa untuk anggaran militer di tahun 2011, pemerintah AS telah menganggarkan dana sebesar 700 miliar dolar, meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya.

Dalan versi awal laporan mengenai strategi departemen pertahanan, memberikan garis besar pentingnya mengantisipasi serangan dengan menggunakan satelit dan mengantisipasi serangan elektronik berupa serangan cyber di internet, selain serangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok bersenjata dan kemungkinan serangan dari sejumlah besar negara-negara yang memiliki senjata nuklir.(fq/imo)