Survei: AS Gagal dalam Kampanye "Perang Melawan Teror"

Sebuah survei yang dilakukan BBC menunjukkan bahwa AS gagal total dalam "Perang Melawan Teror" yang digelarnya. Survei itu juga menyimpulkan AS telah gagal untuk mencapai target sasaran "Perang Melawan Teror" nya, yaitu kelompok al-Qaidah dan gagal mengambil hati masyarakat dunia terhadap kampanyenya yang sudah berlangsung tujuh tahun itu.

Menurut Steven Kull, Direktur University of Maryland’s bidang Program Perilaku Kebijakan Internasional (PIPA) yang membantu survei itu, meski AS memperkuat militernya untuk memerangi al-Qaida, namun AS tidak mencapai prestasi yang signifikan. Bahkan, kata Skull, banyak responden yang meyakini bahwa invasi AS justru makin memperkuat al-Qaida.

Survei yang dilakukan BBC World Service dan perusahaan survei internasional GlobeScan serta PIPA ini melibatkan 24.000 responden dari 23 negara. Dan hanya 22 persen responden yang percaya bahwa al-Qaidah sudah hampir dilumpuhkan oleh AS, 30 persen responden menjawab tidak tahu dan 30 persen responden berpendapat bahwa al-Qaidah sekarang ini makin kuat. (iol)