Syaikh Anwar al-Awlaki: Jauhi Pemimpin-Pemimpin Munafik

Eramuslim.com – Bisa diambil pelajaran dari kejadian masa lalu, ingatlah ketika lemparan sepatu jurnalis Irak Muntazer al-Zaidi dan peluru para pejuang Muslim di Afghanistan, merupakan refleksi dari perasaan umat Islam terhadap Amerika. Sayangnya, refleksi itu tidak terpantul pada hati para pemimpin-pemimpin negeri Muslim yang justru menjalin persahabatan dengan AS bahkan memberikan hadiah-hadiah mahal untuk para pejabat pemerintah dan diplomatnya. Ironis!

Dalam artikel yang ditulis situs pribadinya berjudul Bush Gets Shoes Rice Gets Jewels, Syaikh Anwar al-Awlaki mengkritik sikap para pimpinan bangsa Arab yang notabene Muslim, yang lebih bermurah hati pada musuh-musuh umat Muslim seperti negara AS, ketimbang dengan sesama saudara Muslim mereka sendiri.

Awlaki merujuk laporan Departemen Luar Negeri AS tentang hadiah-hadiah yang diterima para pejabat dan diplomat AS dari kepala-kepala negara di dunia, termasuk dari para pimpinan negara Arab. Laporan itu menyebutkan, Menlu AS Condoleezza Rice menerima paling banyak hadiah mahal dari para pimpinan negara Arab, nilainya mencapai lebih dari 250.000 ribu dollar AS untuk tahun 2007 saja. Padahal pada tahun yang sama, warga Muslim Palestina di Jalur Gaza sedang menderita akibat blokade Israel dan para pimpinan negara Arab tidak banyak berbuat sesuatu untuk mengakhiri blokade itu kecuali cuma bisa mengecam.

Melihat perilaku para pimpinan bangsa Arab itu, Syaikh al-Awlaki mengutip ayat al-Quran surat al-Maidah ayat ke-51 yang bunyinya “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah engkau menjadikan orang Yahudi dan Nasrani sebagai sebagai teman setia (mu). Mereka satu sama lain saling melindungi. Barang siapa diantara kamu menjadikan mereka teman setia, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.”